Friday, December 4, 2015

KIAT MENJADI REMAJA MUSLIM YANG SUKSES

Apakah itu " SUKSES " ?
" SUKSES " adalah proses perjuangan untuk menjadi lebih.

Bagaimana cara meraihnya ?
Semua orang mendambakan kesuksesan, sukses belajar, bekerja atau sukses dalam bidang lain. Namun banyak orang bertanya : " Kiat apakah yang harus kita tempuh agar kita menjadi orang yang sukses? " Langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan :

1. Berpikirlah ikhlas dan positif, sambil menghadapkan diri kepada Allah dan Rosul.

Allah berfirman :
Artinya :
" Dialah yang memperlihatkan kepadamu tanda-tanda ( kekuasaan ) Nya dan menurunkanmu rizki dari langit. Dan tiadalah mendapat pelajaran kecuali orang-orang yang kembali (kepada Allah). " ( QS. Al Mukmin : 13 ).

Kunci pertama sukses adalah TAQWA kepada Allah SWT dan taat kepada Rosulullah SAW.
Mungkin pertama ini memang berat, tabah dan sabarlah menghadapinya sampai ketaatan kepada Allah suatu kebiasaan yang ANDA lakukan dengan penuh kesadaran.
Sesungguhnya di dalam ketaatan kepada Allah itu tersimpan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak dapat dicapai, kecuali dengan berulanhkali menghadapi ujian / cobaan. Karena itulah, taatlah kepada Allah dengan sikap tabah menghadapi cobaan, agar kita mendapatkan kenikmatan dalam beribadah dan kebahagiaan dalam taqwa, sehingga kita dapat mengetahui dan merasakan nikmatnya ibadah. Disamping itu kita juga harus taat kepada Rosulullah SAW sebagaiman kita taat kepada Allah.
Allah berfirman :


Artinya :
" Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rosul serta ulil amri ( pemimpin di antaramu " ( QS. An-Nisa : 59 )

Dalam ayat lain berfirman :


Artinya :
" Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rosul Nya, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diadzab Nya dengan adzab yang pedih. " ( QS. Al Fath : 17 ).

Karena itu taat kepada Rosulullah merupakan bagian ketaatan kepada Allah.
Tidak sempurna iman seseorang sebelum cintanya pada Allah dan Rosul Nya melebihi kecintaannya terhadap segala sesuatu selain Allah dan Rosul Nya.

2. Berbakti kepada orang tua

Langkah kedua untuk mencapai kesuksesan adalah berbakti kepada orang tua, karena anak yang berbakti kepada kedua orang tua akan mendapatkan risqi yang penuh berkah dari Allah SWT.

Nabi SAW bersabda :
" Dari Anas r.a. dia berkata, " Nabi SAW bersabda : " Barangsiapa ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rizqinya, hendaklah dia berbakti kepada orang tuanya dan menyambung tali silatuurahim " ( HR. Ahmad )

Taatlah kepada kedua orang tua dan janganlah membuat mereka murka, karena murka mereka adalah murka Allah juga. Barangsiapa membuat murka Allah maka akan merugi dunia akhirat.

Allah berfirman :


Artinya :
" Maka janganlah kamu katakan pada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka, ucapkanlah pada mereka perkataan yang mulia. Rendahkanlah dirimu terhadap keduanya serta mendoalah : " Wahai Robb-ku kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasihi aku di waktu kecil ". ( QS. Al Isro : 23-24 )

3. Berpikir atau menuntut ilmu

Ilmu Pengetahuan adalah salah satu kunci yang membawa kita mencapai kesuksesan dan derajat yang tinggi. Tapi ingat, bila kita mempunyai ilmu pengetahuan, maka kita harus tawadhu' ( rendah hati ), karena tawadhu' dan akhlak yang mulia itu adalah hiasan ilmu pengetahuan, Ilmu Pengetahuan yang baik dan dibarengi dengan ketaqwaan kepada yang Maha Kuasa adalah salah satu unci kesuksesan duniawi dan ukhrowi.
Allah berfirman : 



Artinya :
" Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan " ( QS. Al Mujadalah : 11 )

4. Gemar Membaca

Membaca adalah salah satu langkah untuk mencapai esuksesan, sebab membaca menyebabkan kita mendapat ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan itulah salah satu yang menyebabkan kita menjadi sukses.
Islam bukanlah hanya sebuah agama, tetapi sebuah "peradaban, sementara eksistensi suu peradaban sangat dipengaruhi kesadaran membaca pemilik peradaban itu. Semakin banyak seseorang membaca, maka semakin tinggi pula peradabannya.

Dengan membaca terlahirlah sebuah peradaban. Manusia semakin berkembang, masyarakat berkembang, negeri berkembang dan maju. Dengan membaca pengetahuan dan ilmu kita akan bertambah, selanjutnya ilmu dan pengetahuan ini akan memberikan pengaruh pada kepribadian dan kematangan pola pikir kita. Dengan banyak membaca, seseorang mengetahui cara dan langkah yang tepat untuk mengembangkan kepribadian dalam rangka menggapai dunia dan akhirat.

5. Mengembangkan bakat yang kita punyai

Mengenali bakat diri sendiri adalah salah satu cara mencapai kesuksesan. Kia perlu mengenal dan mengembangkan bakat kita masing-masing. Kembangkanlah bakat yang kita punyai untuk mencapai kesuksesan.
Allah berfirman :


Artinya :
" Katakanlah : Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siap yang lebih benar jalannya " ( QS. Al Isro : 84 )

6. Menjaga akhlaq dengan kepribadian yang simpatik

Kepribadian yang simpatik adalah merupakan salah satu kunci sukses yang sangat penting. Kepribadian atau akhlaq yang baik, seperti kejujuran, murah senyum, suka bersilaturahim, menghargai waktu, menghargai peran orang lain dan sebagainya, akan membawa kita ke jenjang kesuksesan.
Remaja Muslim, hargailah orang lain, berlaku sopanlah terhadap temanmu dalam belajar. Bila engkau lebih cepat memahami masalah, jangan sekali-kali engkau menghina temanmu, baik dengankata-kata atau dengan perbuatan, sembari menunjukkan kebolehanmu dalam membahas atau memahami suatu masalah. Manfaat kebaikan yang kita lakukan pada hakikatnya akan kembali kepada kita.
Hal ini ditegaskan Allah dalam firman Nya :


Artinya :
" Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik bagi dirmu sendiri " ( QS. Al Isro : 7 )


Wahai Remaja Muslim,
Seorang manusia bisa dikatakan sukses hakiki jika mengabungkan antara kesuksesan yang berorientasi duniawi dan ukhrowi. Orang seperti ini sukses seara spiritual, moral, dan ibadah. Kesuksesan dalam kriteria semacam ini tidak hanya dapat dinikmati di akhirat, akan tetapi juga di dunia. Artinya seseorang belum dikatakan berhasil jka dia hanya mendapatkan materi yang berlimpah ruah, sementara spiritualnya kosong.

Mari kita berhatikan ! Orang yang sukses dalam pandangan Islam adalah orang yang beriman. Hal ini ditegaskan dalam ayat berikut ini :


Artinya : 
" Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusu' dalam sholatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya ". ( QS. Al Mukminuun : 1-5 )

Dalam upaya meraih kesuksesan, ingatlah selalu untuk mensucikan jiwa, karena tidak ada kesuksesan tanpa pertolongan Allah, dan pertolongan Allah tidak diberikan kepada orang yang hatinya kotor. Tidak ada keberuntungan tanpa peran Allah SWT. Bahkan kehidupan ini sendiri tidak pernah ada, jika tidak ada kehendak dari Allah. Kesadaran akan besarnya peran Allah adalah salah satu kunci sukses yang sangat penting.
Oleh karena itu agar Allah memberikan pertolongan Nya kepada kita, maka hendaknya kita mensucikan hati dan jiwa.

Orang yang sukses adalah orang yang selalu membersihkan jiwa dan bertaqwa. Orang yang sukses adalah orang yang menghargai waktu, yang beriman, yang melakukan kerja yang berkualitas, yang memegang teguh kebenaran, serta yang bersabar.





Sumber : 
"Cara bijak mengatasi realitas hidup remaja muslim", Hj. R. Adjeng Ratna Suminar, SH, MM

1 comments:

  1. Setiap orang pasti ingin sukses, tapi tidak semua orang yang berkorban dan serius untuk menggapai sukses.

    ReplyDelete