Wednesday, October 2, 2013

KEUTAMAAN ORANG YANG MEMBERI

" Dari Ibnu Umar RA berkata : Rosululloh SAW bersabda, tangan yang lebih tinggi ( diatas ) itu lebih baik daripada tangan yang rendah ( dibawah ). Adapun tangan yang lebih tinggi ituialah yang membelanjai dan tangan yang rendah itu ialah meminta. " ( HR. BUKHORI - MUSLIM ). 

 Hadits diatas memberikan pengertian kepada kita bahwa memberikan sedekah adalah suatu perbuatan yang mulia. Sedekah adalah memberikan sesuatu milik kita yang halal kepada orang lain yang membutuhkan, dengan ikhlas karena Allah, tidak mengharapkan balasan dari orang lain yang diberi. Islam menyuruh dan mendidik umatnya agar menjadi orang yang pemurah dan berbudi luhur. 

Hadits diatas juga membimbing kita agar kita tidak menjadi orang yang suka meminta-minta, karena minta-minta itu perbuatan yang dapat merendahkan budi, derajat dan martabat seseorang. Walaupun begitu hendaknya kita jangan menghina orang yang minta-minta sebab kadang-kadang ada orang yang karena nasibnya yang sedang susah, terpaksa minta pertolongan untuk mengatasi kesulitan hidupnya. Orang dalam keadaan miskin, wajib kita tolong, karena menolong orang miskin termasuk kewajiban kita selaku umat Islam, sebagai tanda kecintaan kita kepada sesama muslim. 

Nabi Muhammad SAW telah bersabda : " Tidak sempurna Iman seseorang diantara kamu, sehingga ia mencintai bagi saudaranya seperti apa yang ia cintai bagi dirinya sendiri "

Perlu kita camkan, bahwa untuk menjadi orang kaya kita harus bekerja. Tapi yang perlu diingat bekerjalah dengan pekerjaan yang halal dan thoyib, bukan dengan cara meminta-minta.

0 comments:

Post a Comment